BISNIS Online

  • BISNIS ONLINE
  • KOMPUTER
  • PAKAIAN ADAT PERNIKAHAN
  • RESEP MASAKAN
  • SMART PHONE
  • KESEHATAN
Beranda » Belajar Usaha » Informasi Bisnis » Masalah Usaha » Pengalaman » Tips Usaha » Cara Menghadapi Pelanggan yang Marah dan Keras Kepala

Cara Menghadapi Pelanggan yang Marah dan Keras Kepala

Ada pepatah yang mengatakan bahwa pelanggan adalah raja, lalu bagaimana jika pelanggan anda adalah seorang yang pemarah dan keras kepala? Masihkah anda menganggapnya raja?! Hal seperti ini pastinya pernah ditemui oleh anda yang sedang dalam bisnis jual-beli langsung dengan pembeli, terkadang ada beberapa pembeli maupun calon pembeli atau bahkan pelanggan yang marah-marah hanya karena masalah sepele saja.


Saya sendiri pernah mengalaminya dan itu adalah hal yang sangat menyebalkan, apalagi jika ada pelanggan lain yang sedang saya layani, rasanya bingung sekali.

Sebenarnya kita sebagai penjual tidak boleh meladeni pelanggan yang marah dengan kepala panas juga, karena bukannya menyelesaikan masalah dengan baik, yang ada malah semakin menambah masalah dengan pelanggan tersebut. Lalu bagaimana cara menghadapi pelanggan yang marah dan keras kepala?

1. Tetap melayani dengan sopan dan baik
Meski pelanggan marah-marah dan menyalahkan kita, ada baiknya tetap layani pelanggan itu dengan senyum yang menyenangkan. Berikan respon positif agar pelanggan bisa lebih meredam amarahnya terlebih dahulu, dan bisa diselesaikan masalahnya dengan baik.

2. Tanyakan masalahnya dan pahami dengan baik
Jika pelanggan marah-marah, segerap fokuskan kepada dirinya dan tanyakan masalahnya dengan jelas dan pelan-pelan. Jika dia sudah memberikan argumennya dengan lengkap, pahami terlebih dahulu masalahnya ada pada pelanggan atau pada diri anda.

3. Berikan penyelesaian yang memuaskan
Saya pernah mengalami hal ini beberapa kali, dan saya tawarkan kepada pelanggan beberapa opsi agar dia bisa puas, diantaranya adalah :
  • Tawarkan penukaran barang jika memang benar itu adalah kesalahan pada kita
  • Berikan potongan harga jika pelanggan tidak mau menukar barangnya (hanya komplain saja)
  • Tidak ada salahnya mengembalikan uang pembelian, hal ini sebagai wujud tanggung jawab kalau memang anda salah
Beberapa kasus tentunya berbeda dengan apa yang saya alami ini, silakan anda sesuaikan sendiri dengan penyelesaian yang baik.

4. Minta maaf dan jangan lupa berterima kasih
Jika pelanggan sudah puas dan tidak marah-marah lagi, minta maaf lagi meski anda sudah mengucapkannya dari awal. Jika pelanggan hendak pergi, jangan lupa meminta maaf kepadanya atas apa yang dialaminya di tempat bisnis anda.

5. Pelajari dan perbaiki kesalahan
Pelanggan yang marah tentunya punya alasannya sendiri, entah karena kesengajaan atau ketidak sengajaan kita dalam menjalankan bisnis. Pelanggan seperti itu adalah salah satu bentuk kritik dan saran yang langsung kita rasakan, perbaikilah apa yang menjadi kritik tersebut.

Selalu ingat pepatah "pelanggan adalah raja", namun anda adalah penjual dan bukan seorang penjilat, jadi layanilah raja anda dengan baik tanpa harus menjadi budaknya.
Tweet
Cara Menghadapi Pelanggan yang Marah dan Keras Kepala

Artikel keren lainnya:

Ditulis oleh Unknown pada tanggal
Posting Lebih Baru
Posting Lama
Beranda




Follow KLIK Fanpage Facebook Kami:

Banyak Di Baca

  • Kepikiran Gak Bagaimana Keuntungan Pengusaha Permen Bungkus? Harganya Aja Murah Banget!
    Permen bungkus saat ini harganya hanya sekitar Rp 100-200 saja, bahkan terkadang dianggap sebagai makanan yang kurang berguna. Lebih ngeseli...
  • 5 Tips Penting Menggunakan Blog untuk Jualan Online: Bisnis Toko Online
    DENGAN memanfaatkan media online, kini Anda bisa mendapatkan uang melalui internet, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunak...
  • 5 Wanita Terkaya Di Indonesia yang Punya Perusahaan Sukses
    Jika membicarakan orang terkaya di Indonesia, mungkin kebanyakan diisi oleh kaum pria dengan beberapa perusahaan besar yang terkenal. Sebut ...
  • Anaknya Presiden Aja Gak Malu Jualan, Masa Kamu Masih Malu Juga?!
    Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep adalah 2 putra presiden Joko Widodo yang seharusnya sudah memberikan inspirasi kalian dalam duni...
  • Akhirnya Indonesia Kuasai Saham Mayoritas Freeport Sebesar 51%
    Berita bahagia ini memang hanya sebuah berita saja karena saya yakin kebanyakan dari kita tidak pernah datang ke tanah Papua, kita tidak tah...
  • Kontroversi Toko dan Mini Market yang Tidak Menjual Rokok
    Saya adalah perokok dan saya pernah merasakan pengalaman yang terbilang cukup unik dalam hidup saya, saat itu saya mendatangi salah satu min...
  • Bisnis Unik : Ternak Kecoa Omsetnya Puluhan Juta Per Bulan
    Kecoa adalah musuh sebagian orang karena hewan yang satu ini dianggap menjijikan, bahkan kecoa terbang adalah salah satu hewan yang paling m...
  • Sepatu kulit pantofel pria sepatuJKcollection.com
    TENTANG JK COLLECTION JK Collection merupakan supplier sepatu kulit asli berkualitas tinggi karya pengrajin cibaduyut bandung yang menyediak...
  • Informasi Tentang Sistem Bisnis 'Jemput Bola' yang Menjadi Andalan Pengusaha Masa Kini
    Beberapa tahun yang silam saya membaca sebuah pertanyaan yang diajukan oleh seseorang kepada pengusaha sukses. Orang tersebut bertanya tenta...
  • Mengintip Bisnis Pakaian Bekas Online yang Sedang Ramai
    Baju bekas kalian pada kemana gaess? Mungkin sebagian ada yang masih di lemari, gudang, atau bahkan sudah dibuang yah?! Namun tahukah kalian...

Arsip Blog

Total Tayangan Halaman

Copyright © 2014 BISNIS Online - Powered by Blogger
Template by Mas Sugeng - Versi Seluler